Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Pemula

Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Pemula – Memilih sebuah web hosting untuk suatu kebutuhan bisa di bilang tidak mudah sob. Jika salah memilih pasti timbul rasa menyesal sudah membelinya. Maka dari itu sebelum membeli web hosting, alangkah baiknya sobat tau cara memilih hosting yang baik dan berkualitas untuk website sobat. Jangan sampai salah memilih ya sob. Tutorial memilih hosting terbaik kali ini khusus di tujukan untuk pemula ya sob, kalau sobat sudah profesional bisa lewati tips ini.

Mungkin masih banyak yang masih awam tentang hosting, disini ane mau jelasin sedikit khusus buat pemula. Hosting itu tempat untuk menyimpan file-file website / programing sobat. Jadi hosting itu ibarat xampp di dalam komputer kita. Pasti tau deh kalau sudah pernah pakai aplikasi xampp. Nah, Xampp itu fungsinya sama yaitu sebagai web server, namun kalau xampp digunakan di lokal saja, tanpa internet masih tetap bisa digunakan.

Sebelum ane jelasin cara memilih web hosting, sobat harus mengetahui kebutuhan sobat sebelumnya. Jadi kebutuhan apa saja nih yang sobat perlukan yang nantinya akan dipasang di hosting yang sobat beli.

Beberapa pertimbangan dalam memilih hosting terbaik :

  • Jenis Platform apa yang nantinya akan sobat pakai untuk membuat website?
  • Mau seperti apakah nantinya konten yang ada pada website Anda? (apakah lebih banyak video, konten gambar dengan resolusi tinggi, atau malah gambar animasi dan sebagainya)
  • Kira-kira dari manakah pengunjung website sobat akan datang?
  • Apakah sobat akan sering melakukan dan memerlukan backup data?
  • Apa aja layanan tambahan yang sobat butuhkan? Jumlah Addon Domain hingga Email Hostingbisa sobat pertimbangkan.
  • Apakah layanan sudah support 24 jam, live chat dan telepon Anda butuhkan, atau sudah cukup melalui email?

Nah sudah taukah kebutuhan sobat seperti apa? Sobat harus pahami terlebih dahulu, apakah program , website sobat itu ringan atau akan berat dijalankan di web hosting yang akan sobat beli. Karena hosting itu banyak sekali jenisnya sob. Ada yang shared hosting dan Cloud. Nah kali ini ane mau jelasin sedikit tentang Shared Hosting dan Cloud Hosting.

Perbedaan Shared Hosting dan Cloud Hosting :

  • Shared Hosting
    1. Bisa sobat dapatkan dengan harga murah, kisaran Rp 1000 – Rp 100.000 / bulan.
    2. Server sering down, kok bisa? Ya bisa, karena server yang digunakan hanya satu, dan digunakan oleh user pelanggan lainya.
    3. Resource akan dibatasi, akibatnya kegiatan sobat di dalam website tersebut bisa saja terganggu, atau malah website sobat bisa menjadi sangat lemot.
    4. Namun shared hosting sangat mudah didapatkan baik di indonesia maupun luar negeri.
  • Cloud Hosting
    1. Cloud hosting memiliki managemen resource, jadi resource di dalam hosting itu bisa diatur sesuai yang kita inginkan, namun masih ada batasan, tetapi tidak seperti shared hosting.
    2. Server lebih stabil, dan bisa dibilang sangat jarang down.
    3. Jarang terjadi lemot, ataupun eror yang aneh.
    4. Dapat sobat dapatkan dengan harga yang sedikit lebih mahal daripada shared hosting.

Nah, begitu perbedaan share hosting dan cloud hosting ya sob, udah paham kan? Kalau udah kita lanjut ke pembahasan selanjutnya ya sob. Yaitu tips memilih web hosting terbaik dan berkualitas untuk website sobat. Simak baik-baik ya sob.

Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Pemula :

  • Bandingkan Kualitas Server Hosting Yang Akan Dibeli

Jadi sobat bisa bertanya-tanya terlebih dahulu sebelum membeli hosting tersebut. Sobat bisa bertanya melalui live chat, tanyakan clock speed CPU yang mereka gunakan, menggunakan teknologi apakah mereka, dan resource yang diberikan seberapa besar. Semakin besar spesifikasi server maka akan lebih baik untuk kinerja website sobat. Dan Resource yang besar juga bisa mendukung dalam kegiatan sobat dalam menggunakan website. Pilihlah penyedia hosting yang sudah menggunakan teknologi Litespeed.

  • Pilihlah Customer Support Yang Bisa Melayani 24 Jam Penuh.

Jika sobat memilih customer support yang bisa membalas pertanyaan sobat dalam waktu 24 jam, maka sobat akan tidak kebingungan jika website sobat/ server sobat terjadi masalah. Alangkah baiknya cari yang customer supportnya selalu menyelesaikan pertanyaan sobat dengan benar dan cepat, hal ini akan jadi pertimbangan untuk kedepannya. Nah , semisal sobat memilih customer support yang salah, maka itu akan berdampak buruk juga kepada sobat. Jika server down, resource penuh, maka sobat akan kebingungan sendiri. Maka dari itu , customer support sangat penting dalam memilih hosting.

  • Carilah Penyedia Hosting Yang Menyediakan Garansi Uang Kembali

Mengapa harus mencari yang bergaransi? Ya bagaimana jika sobat membeli kemarin, dan sering terjadi masalah pada server, apakah sobat tetap ingin melanjutkan layanan tersebut, pastinya tidak, sama seperti admin , jika mendapatkan layanan yang sering bermasalah pastinya akan tidak betah deh.

  • Lihatlah Ulasan Dari Pelanggan Lain Yang Sudah Pernah Membeli Sebelumnya

Jadi apabila ulasan tersebut jelek, maka sobat harus hindari untuk membelinya. Jika sobat memaksakan, pastinya nanti akan merasakan keluhan pelanggan yang sudah membeli sebelumnya. Maka dalam memilih jenis web hosting yang baik dan berkualitas, hal ini sangat wajib ya sob.

  • Pastikan Hosting Yang Sobat Beli Cukup Terjangkau

Gunakan tipe hosting yang sesuai dengan kebutuhan sobat, kebutuhan sudah ane jelasin di atas. Jadi tentukan program atau website apa yang akan gunakan di hosting nantinya. Ini sangat penting, bisa fatal jika tidak memikirkan sebelumnya. Jika salah beli, pasti website yang sobat buat akan terasa lemot, karena terkena limit resource ya sob.

  • Pilih paket Hosting Yang Memiliki Keterangan Unlimited

Sebelum membeli biasanya sobat melihat keterangan bandwith, add domain, sql user, dll. Carilah yang unlimited sob, itu akan membuat leluasa sobat dalam menggunakan hosting tersebut. Setidaknya bandwith unlimited kalau tidak unlimited semua.

  • Pastikan Penyedia Layanan Hosting Terdapat Fitur Tambahan

Mengapa harus ada fitur tambahan, biasanya fitur tambahan ini akan memudahkan sobat dalam mengelola website sobat. Semisal auto SSL, PHP Select, Application installer, manage server, dan banyak lainya. Hal ini akan membantu sobat deh, jadi jangan sepelekan fitur tambahan ini.

Mungkin gitu dulu sob tentang cara memilih web hosting terbaik untuk pemula, sebenarnya masih banyak pertimbangan dalam pemilihan web hosting terbaik dan berkualitas sob. Jadi jangan lewatkan update dari kami ya sob tentang dunia cyber ini. Terimakasih.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *